Selasa, 16 April 2013

SUMBERDAYA AIR

air adalah senyawa gabungan dua atom hidrogen dengan satu atom oksigen menjadi H2O. air dapat berbentuk padat, cair, dan gas.
air  merupakan zat yang paling penting bagi tubuh sehingga tanpa air orang tidak akan hidup. jadi menurut saya, air itu sangatlah berharga untuk tubuh kita karena dengan air, tubuh kita mendapatkan cairan untuk melakukan segala aktivitas sehari-hari.
guna keperluan kehidupannya, manusia harus mengambil air antara lain dari sungai, danau, dan dari dalam tanah dengan cara membuat sumur. jadi, kita bisa mengambil air dimana saja, mulai dari sungai,danau dan dari dalam tanah. hanya permasalahan sekarang adalah masih adakah air sungai dan danau yang dapat dikonsumsi ? yang sekarang kita lihat bahwa sungai-sungai dan danau disekitar kita mulai tercemar. mulai dari sampah yang dibuang sembarangan sebagaimana yang kita tahu bahwa tidak ada yang bertanggung jawab atas kejadian ini. dan fakta itu sering kita lihat disungai-sungai disekitar kita, contoh di jakarta yaitu sungai kali ciliwung. yang kalau hujan, pasti akan terjadinya genangan air yang meluap yang di akibatkan sampah yang menumpuk dan akhirnya terjadilah banjir. dan apa si yang di maksud banjir itu ? banjir adalah peristiwa tergenangnya daratan, yang biasanya kering, oleh air yang berasal dari sumber-sumber air di sekitar daratan. sumber-sumber air tersebut antara lain : sungai,danau, dan laut. genangan yang ditimbulkan oleh sumber-sumber air tersebut sifatnya tidak permanen.
dan ada pula penyebab terjadinya banjir :
1. penebangan hutan disekitar DAS bagian hulu sehingga tidak ada penutup lahan yang dapat menahan aliran air.
"memang yang kita lihat sekarang banyak sekali penebangan-penebangan hutan yang liat tanpa mempunyai rasa salah yang telah merusak suberdaya alam ini, dari perbuatan mereka yang tidak bertanggung jawab atas alam ini, maka pencemaran kayu yang menumpuk akan menyumbat aliran air sehingga menimbulkan banjir".
2. tertutupnya aliran air, baik oleh sampah maupun sedimentasi.
"itu memang benar seperti kalimat diatas bahwa aliran air akan tersumbat apabila sampah dan kayu  tidak di tempatkan ditempatnya. maka dari itu, mulai sekarang mari kita benahi apa yang harus kita benahi".
3. pembuatan saluran air atau sistem pembuangan air yang tidak efektif.
"memang saluran air ini memang sangatlah penting, agar ait tersebut dapat mengalir dengan semestinya dan tidak akan terjadi yang namanya banjir"
dari ketiga penyebab banjirini, marirah sama-sama mulai dari sekarang kita menjadi orang yang perduli dengan lingkungan. agar kita semua terhindar dari banjir yang akan menyusahkan kita semua. dan tidak ada kata terlambat untu berbuat baik....!

thanks...!

sumber : buku geografi 1, SMA kelas  x, Yusman Hesti yanto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar