Senin, 22 April 2013

SUMBERDAYA UDARA

Udara adalah campuran gas yang terdapat pada permukaan bumi. Udara bumi yang kering mengandung 78% nitrogen, 21% oksigen, dan 1% uap air, karbondioksida, dan gas-gas lain. Udara akan berubah sesuai dengan ketinggiannya.

Apabila saat bernafas, kandungan oksigen berkurang sementara karbondioksida meningkat. Ketika tumbuhan menjalani sistem fotosintesis, oksigen kembali dibebaskan.

maksudnya adalah ketika kita berada di dataran tinggi/ diketinggian akan mendapatkan udara sedikit, tetapi sebaliknya ketika kita berada di dataran rendah/di kerendahan maka udara yang kita hirup akan lebih banyak dibandingkan kita berata di tepi atas sana. apalagi kita berada di bawah sebuah pohon yang rindang, kita akan mendapatkan udara yang sangat sejuk sekali. contohnya di daerah pegunungan.

udara yang bersih dan sejuk  adalah harapan semua orang, , karena udara tersebuat akan membuat kita merasakan kenikmatan dalam bernafas dan terhindar dari yang namanya penyakit yang berhubungan dengan pernafasan. tetapi udara yang bersih dan sejuk untuk sekarang ini sudah mulai tercemar dengan adanya asap-asap pabrik dan kendaraan contohnya motor,mobil dan sejenisnya. belum lagi bau sampah yang mengganggu pernafasan kita. pencemaran ini akan menimbulkan berbagai macam penyakit pernafasan. ini adalah yang ditakutkan semua orang. dan sekarang ini kita sebagai makhluk untuk menjaga kualitas udara kita agar udara tersebut masih tetap bersih dan sejuk.
  
Menjaga kualitas udara merupakan tanggung jawab kita semua. Udara yang bersih akan menciptakan generasi yang sehat dan sebaliknya udara yang kotor akan membangun generasi yang rentan akan penyakit.  Kualitas udara perkotaan di Indonesia menunjukkan kecenderungan menurun dalam dekade terakhir. Ekonomi kota yang tumbuh dan telah mendorong urbanisasi merupakan faktor terpenting yang mempengaruhi kualitas udara di perkotaan. 
Untuk mengetahui kualitas udara perkotaan yang bersumber dari transportasi maka untuk kedua kalinya dilaksanakan Program Evaluasi Udara Perkotaan pada tahun 2008 dan dilakukan di 14 kota Metropolitan dan 2 kota besar.
Pada tema ini dijelaskan hasil evaluasi Th. 2008 yang memuat pelaksanaan hasil pemantauan, evaluasi dan valuasi evaluasi kualitas udara perkotaan yang menggambarkan posisi kinerja pemerintah kota dalam pengelolaan kualitas udara dibandingkan dengan kota lainnya pada kategori yang sama. Peringkat ini disebut sebagai Peringkat Langit Biru Kota.
  
Kegiatan evaluasi udara perkotaan secara garis besar terdiri dari :
1.   Pengembangan kriteria dan indikator kinerja yang ditujukan untuk mencapai transportasi kota yang berwawasan lingkungan atau Sustainable Urban Transport City
2.      Pengembangan kriteria fisik dan non fisik sesuai perencanaan makro
3.      Pengembangan aplikasi database termasuk valuasi dari kriteria terpilih
4.      Penyelenggaraan sosialisasi dan asistensi teknis
5.      Evaluasi kinerja pengelolaan kualitas udara perkotaan melalui pemantauan fisik dan non fisik
6.      Publik ekspose terhadap hasil pemantauan
7.      Peningkatan kapasitas pemerintah daerah
8.      Promosi daerah untuk lebih berperan di tingkat internasional baik melalui EST Forum maupun kegiatan lainnya
9.      Penyelengaraan rapat koordinasi teknis dengan pemerintah kota
10.  Pemberian penghargaan
 
Program ini akan dilakukan secara berkala sehingga terlihat peningkatan maupun penurunan kinerja antar waktu dan tren kualitas udara dari tahun ke tahun.
 dan dengan program ini, kita akan merasakan lagi yang namanya udara yang bersih dan sejuk yang terhindar dari penyakit.

mulai sekarang, kita harus menjaga kualitas udara dan peduli dengan tidak menciptakan polusi yang berlebihan dan membuang sampah sembarangan . memisahkan antara sampah organik dan non organik.

1 komentar:

  1. Microtouch Titanium trim reviews
    Microtouch Titanium trim. The new titanium vs ceramic microtouch concept is a stylish design titanium nitride with an innovative titanium rimless glasses design, the 2014 ford fusion energi titanium addition of innovative elements, micro touch hair trimmer

    BalasHapus